Insania FM Radio Network adalah salah satu stasiun radio berjaringan dibeberapa kota di Indonesia yang mengambil segmen tersendiri, yakni: media komunikasi dan informasi pendidikan, kemanusiaan dan kebudayaan.

Pada tahun 2018 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menerbitkan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2018 tentang Pengumuman Peluang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Swasta Jasa Penyiaran Radio, Insania FM Radio Network mengajukan pendirian Lembaga Penyiaran Penyiaran Radio Siaran Swasta Nasional yang kini dapat didengarkan di :

  • 97.9 Insania FM Gorontalo
  • 88.7 Insania FM Sorong
  • 87.6 Insania FM Ternate
  • 100.8 Insania FM Makassar
  • 103.4 Insania FM Palu
  • 87.6 Insania FM Mataram
  • 104,6 Insania FM Aceh
  • 101.1 Insania FM Sumbawa
  • 96.7 Insania FM Taliwang

Mengusung tagline Jaringan Radio Kemanusiaan, Pendidikan dan Kebudayaan, Insania FM Radio Network menghadirkan hiburan dan informasi yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat di beberapa kota sesuai dengan karakteristik media radio yang cepat dan berimbang. Dari segi siaran, Radio Insania menitik-beratkan konten unggulan yang memuat nilai-nilai pendidikan, budaya, dan kontrol sosial.

VISI

Menjadi Radio yang unggul dan terdepan dalam Kemanusiaan, Pendidikan dan Kebudayaan.

MISI

  1. Mengimplementasikan manajemen pengelolaan radio secara efektif dan efisien
  2. Mengembangkan program-program siaran yang educative, humanis dan cultural
  3. Meningkatan mutu program siaran berbasis riset, partisipasi publik, dan kearifan lokal

FORMAT SIARAN

Dalam penyelenggaraan siaran Insania FM Radio Network menerapkan format baku ”Pendidikan, Kemanusiaan dan Budaya”, dengan presentase mencapai 50 persen. Sementara sisanya diperuntukan bagi porsi siaran keagamaan, musik, informasi, iklan serta siaran penunjang lainnya.

Program pendidikan dan budaya disajikan dalam berbagai format, mulai dari siaran musik tradisional hingga dialog interaktif. Sedangkan siaran keagamaan dikemas dalam bentuk ceramah, dialog, kuliah radio, musik religi, pengajian dan sejenisnya. Sedangkan siaran hiburan disajikan dalam bentuk penyajian musik, lebih diutamakan adalah musik Indonesia, dan lebih terfokus pada musik-musik tradisional dan kultur.

TARGET PENDENGAR

Pendengar Insania FM Radio Network dari sisi usia lebih difokuskan pada usia produktif antara 20 sampai 40 tahun dengan persentasi mencapai 70 persen, dengan fokus utama pada kelompok usia 25 sampai 35 tahun sebesar 40 persen.

Pemilihan segmen ini dengan asumsi bahwa kelompok usia ini merupakan masyarakat dengan pemikiran matang dalam pembenahan etika, dengan target utama generasi muda, mahasiswa, wirausahawan dan keluarga dari semua tingkat ekonomi

PRESENTASI PROGRAM

Sebagai media pendidikan, kemanusiaan dan kebudayaan, porsi siaran budaya dan Pendidikan di Insania FM Radio Network paling dominan yakni mencapai 60  persen. Sementara siaran Berita menempati porsi terbesar kedua yakni sebanyak 20 persen.

Sementara Informasi sosial, budaya lokal dan musik etnic diberikan porsi 10 persen, meliputi musik tradisional sebagai penunjang siaran kebudayaan, musik pop Indonesia/mancanegara dan musik positif. Untuk mendukung operasional radio sebagai lembaga penyiaran swasta yang beroperasi secara komersial, Insania FM Radio Network juga menyiarkan iklan dengan porsi yang proporsional yaitu mencapai 10 persen. Porsi ini juga tentunya akan berlangsung fluktuatif seiring besarnya minat para pengiklan untuk mau bekerjasama dengan kami.