GORONTALO – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menghimbau kepada warga agar tidak mudik lebaran selama darurat covid-19 atau virus corona. Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono, Kamis (09/4/2020).

“Kebiasaan masyarakat saat hadapi puasa dan menyambut idul fitri sering kumpul bersama keluarga. Banyak di antara mereka yang mudik. Namun, menghadapi situasi saat ini sebaiknya kebiasaan mudik ditunda dulu alias jangan mudik,” ujarnya AKBP Wahyu di studio Insania FM Gorontalo.

Menurutnya, penyebaran virus corona tidak dapat diketahui penularanya. Bisa jadi dengan mudik justru penularan virus dapat terjadi.

Ia menjelaskan imbauan Kapolda Gorontalo, jika ada warga yang ingin bertemu keluarga sebaiknya melakukan komunikasi jarak jauh dengan sambungan telepon demi keselamatan bersama.

Kita tidak tahu siapa yang akan menularkan virus tersebut. Bisa jadi dengan mudiknya Anda, justru menjadi penyebab menularnya virus tersebut terhadap keluarga Anda,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan kepala Bidang Kemasyarakatan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Rosiana. Ia meminta masyarakat agar selalu disiplin serta mematuhi imbuan pemerintah dan aparat penegak hukum.

“Terhadap virus corona ini masyarakat jangan anggap remeh. Jika tidak ada hal yang mendesak, lebih baik di rumah saja. Hal ini penting dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona,” katanya.

dr. Rosiana menyarankan bagi warga luar Gorontalo yang saat ini sedang berada di Gorontalo sebaiknya menunda mudik. Hal ini perlu dilakukan demi kepentingan bersama untuk melindungi setiap keluarga.